27 September 2007

halo matahari di smipa

sekitar jam 10.45, telepon saya berdering, dari Maurits (papa Tasya PG-B), singkat aja "Ndy coba ajak anak-anak keluar, di sekitar matahari ada lingkaran pelanginya". Kalau ga salah begitu kata-katanya.

saya langsung cerita kepada kakak, dan sebentar kemudian anak-anak (terutama SD) berhamburan ke lapangan rumput. tidak lama terlihat mereka berbaring di rumput menatap ke langit, menutup mata dari titik matahari supaya lingkaran halo di sekitarnya terlihat jelas. heboh sekali memang, dan untuk sebagian dari kita ini kejadian alam yang baru pertama kali kita saksikan.



gambar di bawah ini saya ambil dari pinggir pendopo semi palar.


kejadian ini memang istimewa.
yang menarik juga, awan di sekitarnya menampilkan bentuk yang aneh, seperti garis-garis teratur di langit.


terima kasih buat rekan orang tua yang menelepon menginformasikan tentang ini, bisa jadi ini peristiwa sekali seumur hidup buat anak-anak (karena katanya kejadian ini sangat langka).

Ada link ke situs web tentang Atmospheric Optics yang menjelaskan tentang ini dan juga ada simulatornya yang bisa didownload. Link saya dapat melalui Ipong (papa Cissy SD-1), dari Pak Hadi, tamu smipa yang pernah hadir dan cerita ke anak-anak Smipa tentang angkasa luar dan rasi bintang.

satu link lagi, foto yang saya ambil dari peristiwa yang sama di Jakarta, April 2006. kondisi langitnya sangat berbeda. lebih banyak awan dan langit lebih gelap - kelabu, jadi tampaknya lebih dramatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails