02 April 2011

[Arjuna] Membuat Shodo bersama Makiko

Jumat, 1 April kemarin, Kelompok Arjuna kedatangan tamu dari Jepang! Namanya Makiko. Pada kesempatan ini Makiko akan mengajarkan teman-teman Arjuna membuat Shodo (kaligrafi Jepang). Wah, sesuai banget dengan tema kali ini, "Keliling Dunia".

Teman-teman Arjuna semangat sekali berkenalan dan bertanya kepada Makiko. "Apakah Makiko mengoleksi Doraemon?" tanya Trystan. "Apakah rumah Makiko terkena radiasi nuklir (akibat gempa yang lalu)?" tanya Aa. Sebetulnya banyak sekali yang ingin ditanyakan teman-teman Arjuna. Tetapi karena waktu terbatas, pertanyaan 'terpaksa' disimpan dulu, dan kita memulai kegiatan utama kita, membuat Shodo!

Makiko dibantu Kak Yuyun, menjelaskan jenis-jenis huruf yang digunakan di Jepang. Ada huruf kanji, huruf Katakana, dan Hiragana. Kata Kak Yuyun, karena yang akan ditulis bukan kata-kata asli dari Jepang, teman-teman Arjuna akan akan diajar Makiko menulis dengan huruf Katakana. Setiap huruf dibaca satu suku kata.


Kata pertama yang akan dibuat adalah nama kelompok, yaitu Arjuna. Ada empat huruf Katakana yang harus ditulis : A - Ru - Jyu - Na


Setelah selesai membuat nama kelompok, teman-teman Arjuna juga membuat nama mereka sendiri-sendiri. Tampaknya walaupun sulit mempelajari aksara baru, teman-teman Arjuna tidak patah semangat.


Lihat saja hasilnya.. Bagus-bagus, kan? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails