02 April 2011

[Arjuna] Earth Hour 2011

[catatan Kakak] Walaupun Earth Hour sudah berlalu (tanggal 26 Maret yang lalu), namun semangat teman-teman Semi Palar untuk ikut berhemat energi tidaklah padam. Mereka tetap semangat, terus berusaha menghemat energi. Meski yang ingin dilakukan terlihat sederhana, tetapi kalau dilakukan beramai-ramai  dampaknya akan besar juga lho! :) Inilah cerita-cerita seru teman-teman Arjuna kita...

...


oleh Trystan


Earth Hour adalah suatu kegiatan yang menggambarkan bahwa kita harus mematikan lampu selama satu jam di satu hari. Banyak sekali gunanya Earth Hour. Misalnya, dapat menghemat listrik selama satu jam, ngobrol, main bersama keluarga kita di rumah, makan malam tanpa listrik, melihat bintang yang sangat terang di luar rumah, dan menyapa tetangga, dan mengajaknya untuk ikut juga.

Yang aku lakukan saat Earth Hour adalah menunggu dengan mama di rumah. Papa sih di rumah tetangganya (rapat). Saat menunggu, aku merasakan bahwa jika lampu di rumah kita tidak menyala, maka rumah/sekitar kita akan terasa gelap dan sepi. Hanya suara sungai, jangkrik, dan terang bulan dan bintang yang menemaniku. Aku menjadi tidak merasa sepi lagi sekarang.

Setelah Earth Hour ini, yang akan aku lakukan untuk menghemat energi adalah mematikan lampu bila tidak diperlukan, tidak membuang-buang listrik, lebih menghematnya, selalu bersyukur bila listrik di sekitar rumahku masih banyak. Ajak keluarga lain untuk menghemat listrik/ikutan Earth Hour. Semoga semua tadi bermanfaat untuk kamu dan aku!

...



oleh Raffa

Biasanya satu tahun sekali diadakan "Earth Hour"! Earth Hour adalah acara mematikan benda-benda yang menggunakan listrik pada satu waktu yang sama di dunia. Earth Hour dilaukan selama satu jam saja. Gunanya adalah untuk menghemat listrik. Mungkin kamu akan berpikir kalau hanya satu jam saja terlalu sebentar dan tidak banyak menghemat listrik, tapi dengan hampir semua orang-orang di dunia melakukan Earth Hour pada tahun 2010 lalu, kita bisa menghemat 900.000 watt~

Tentunya aku juga melakukan Earth Hour di rumahku. Saat itu saudara sepupuku dari Jakarta sedang ada di rumahku karena tanteku menikah. Aku juga mengajaknya untuk melakukan Earth Hour di rumahku bersama-sama. SAat itu kami semua bermain congklak di ruang tengah. Yang aku rasakan saat itu adalah mengantuk karena kami sudah lelah dan sudah malam.

Yang aku lakukan setelah Earth Hour adalah mengingatkan orang-orang untuk menghemat air, listrik, dll. Caranya adalah mematikan air keran kalau sedang memakai sabun, lalu mematikan air kalau ember yang diisi sudah penuh. Kalau listrik, aku akan mengingatkan orang-orang untuk mencabut charger dari stop kontak kalau sudah tidak dipakai, lalu aku juga akan mematikan lampu yang tidak dipakai.

...


oleh Ray

Pada tanggal 26 Maret 2011, keluargaku berpartisipasi dalam Earth Hour, pada pukul 20.30-21.30. Menurutku Earth Hour adalah suatu acara yang peduli akan bumi kita, yang biasanya dengan cara mematikan lampu selama enam puluh menit dan menurutku gunanya adalah membauat bumi kita yang panas menjadi lebih dingin dan segar.

Saat satu jam mematikan listrik di rumahku, aku melakukan dua hal yakni bermain permainan karambol, meminum dua gelas susu coklat yang panas dan melihat keluar rumah apakah ada yang mematikan lampu dan juga memakan kacang hijau yang panas.

Aku akan tetap menghemat energi walaupun Earth Hour sudah berlalu dengan cara mematikan barang-barang elektronik yang tidak diperlukan dan juga memikirkan apakah barang elektronik yang ktia akan nyalakan benar-benar diperlukan.

Itulah ceritaku saat Earth Hour 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails