17 Februari 2012

LeuKaS (Leumpang ka Sakola)

Dimulai sejak peringatan Hari Bumi di tahun 2008, teman-teman kecil, para kakak dan orang tua di Semi Palar melakukan kegiatan Jalan Kaki ke Sekolah. Gagasan dasarnya adalah sederhana: mengurangi jarak berkendaraan bermotor ke sekolah. Kita semua berangkat ke sekolah berjalan kaki - sempat juga ada yang bersepeda - dari beberapa titik kumpul di sekitar sekolah. Pada peringatan Hari Bumi tahun 2009 dan 2010, kegiatan ini diulang kembali. Walaupun kegiatan ini sudah dijalankan secara konsisten setiap tahun, kegiatan ini tentunya masih jauh dari cukup.

 LeuKaS November 2011

Sejak semester lalu, kami mencoba membawa kegiatan ini satu langkah lebih maju, supaya kegiatan jalan kaki ke sekolah ini bukan sekedar jadi seremonial yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Bumi. Gerakan ini harus terus maju sampai menjadi pilihan kita semua mengenai perubahan moda transportasi masyarakat kota. Jalan kaki harus kembali menjadi salah satu pilihan kita untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain - apalagi untuk jarak tempuh yang relatif dekat. Bukan hanya baik untuk bumi, ternyata jalan kaki bareng-bareng mendekatkan kita satu sama lain.

Di tahun ini, LeuKaS kita jalankan pada tanggal 22 setiap bulannya. Jadi jangan lupa, jadwal Leumpang ka Sakola selanjutnya di semester ini adalah pada tanggal 22 Februari, Maret dan bulan Mei. Untuk bumi kita yang kembali lestari!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails