05 Maret 2011

[Arjuna] Energi Alternatif

[catatan Kakak] Setiap minggu, teman-teman di Smipa menceritakan kegiatan paling seru dalam seminggu dalam 'gambar mingguan'. Kali ini sebagai pengantar Kakak sertakan cerita dalam gambar mingguan Chrissy (Arjuna), yaitu pengalamannya menonton film tentang energi alternatif. Kakak sertakan juga cerita Chrissy dalam LKS yang dikerjakan setelah menonton yaa.. 


Menonton Film

Hari Kamis aku menonton film. Aku menonton film tentang energi. Aku menonton film tanggal 3 Maret 2011. Film tentang energi itu bercerita tentang energi alternatif. Di benua Eropa energi alternatif sudah banyak digunakan. Perusahaan pengantar barang (yang beroperasi, .red) di Eropa yang bernama Fed Ex memakai energi panas matahari untuk menyalakan listrik. Alat untuk menangkap energi matahari adalah panel surya. Panel surya berguna untuk menangkap sinar matahari lalu diolah menjadi listrik. Aku paling suka energi panas karena energi panas menurutku sudah banyak dipakai di Indonesia. Energi panas juga bisa bersumber dari panas bumi. Di Indonesia energi listrik yang bersumber dari panas bumi ada di pulau Jawa. Filmnya sangat seru karena dapat menambah ilmu.

...

Energi Alternatif sekarang sudah berkembang di benua Eropa. Alasan energi alternatif digunakan dan dikembangan saat ini adalah minimnya 2 sumber energi utama di dunia yaitu batu bara dan minyak bumi.

Sumber energi yang menarik menurutku adalah sumber energi panas yaitu matahari. Yang membuatku berpikir sumber energi panas itu menarik adalah sumber energi panas hampir di seluruh dunia ada. Matahari digunakan untuk panel surya yang bisa menggerakan mesin. Selain sumber energi panas yang menari alat untuk menghasilkan energi panaspun sangat menarik. Alat untuk mengolah energi panas matahari disebut panel surya. Salah satu perusahaan terkenal yang memakai panel surya untuk mesin dan listrik di sana adalah Fed-Ex. Sumber energi panas tidak hanya berasal dari panas matahari, tetapi bisa juga terbuat dari panas bumi. Salah satu perusahaan yang memaki panas bumi untuk dijadikan listrik adalah perusahaan yang terletak di Jawa Barat.

Indonesia negara yang berada di garis katulistiwa. Jadi Indonesia selalu mendapat matahari. Energi yang cocok bagi negara Indonesia adalah energi panas karena energi panas mempunyai sumber energi matahari.

Kesimpulannya energi panas cocok di Indonesia karena Indonesia selalu mendapatkan sinar matahari. Alasannya adalah karena panas matahari selalu didapat di Indonesia karena itu energi panas cocok di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails